Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Laga PSM Makassar melawan Madura United, pada Minggu (12/11/2017) menjadi terasa mengharukan untuk gelandang 34 tahun Syamsul Haeruddin. Syamsul memainkan laga terakhirnya bersama klub dan mengumumkan bakal rehat sejenak dari sepak bola.

Risa Kosasih
3 Pemain Timnas Indonesia yang Pensiun di 2017

Bukan pensiun, dia mengungkapkan bakal kembali merumput jika masih dibutuhkan klub. Namun PSM sudah menyiapkan rencana untuk memberikan jabatan asisten pelatih kepada Syamsul di masa depan.

“Betul Syamsul tidak lagi berstatus pemain di PSM musim depan. Tapi, kami tidak akan melepasnya begitu saja. Kami akan memberikan pekerjaan (dalam tim) yang cocok buatnya,” ujar Munafri Arifuddin, CEO PSM pada jumpa media di Sekretariat PSM, Senin (13/11/2017).

Di luar kesibukannya sebagai pemain, suami penyanyi dangdut Ika ‘KDI’ Indria Sari tersebut sebetulnya sudah mengelola sekolah sepak bola (SSB). Dia mendirikan SSB di kota kelahirannya, Gowa, Sulawesi Selatan, yang dinamai Syamsul Sport.

Bukan hanya itu, dia juga memiliki bakat sebagai pembalap dan kerap turun di balapan drag bike tingkat Kejurda. Hobinya di dunia otomotif diketahui lantaran Syamsul juga memiliki sebuah bengkel di Makassar.

Syamsul Haeruddin memiliki 34 caps bersama Timnas Indonesia. Dia ikut tampil bersama skuat Garuda di ajang Piala Tiger 2004 (kini bernama Piala AFF), Piala Asia dan Piala AFF 2007. Pada Piala Kemerdekaan 2008 Syamsul juga ikut membawa Indonesia juara.

Di level klub, PSM tentu memiliki tempat tersendiri di hatinya lantaran 15 tahun karier profesionalnya dihabiskan di sana. Berangkat dari akademi tim pada 2001 silam, dia menghabiskan sembilan musim bersama Juku Eja.

Hanya dua tim di luar Sulawesi yang pernah dibela Syamsul yakni Persija Jakarta dan Sriwijaya FC. Pada 2012 dia kembali memperkuat PSM hingga berakhirnya kompetisi Liga 1 2017.