Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Barcelona meraih kemenangan di pertandingan pekan ke-19 Liga Spanyol 2017-2018. Barca mengalahkan Real Sociedad dengan skor akhir 4-2 di Stadion Municipal de Anoeta, pada Senin (15/1/2018) dini hari WIB.

Barca justru tertinggal 1-2 dari Real Sociedad di babak pertama. Tim asuhan Ernesto Valverde itu dibobol dua gol lebih dulu sebelum akhirnya memperkecil ketertinggalan jelang jeda paruh pertama.

Namun memasuki babak kedua, Barca justru tampil impresif untuk membalikkan keadaan dan meraih poin penuh di laga tandang. Dengan hasil tersebut, Lionel Messi dan kawan-kawan kukuh di puncak klasemen sementara dengan raihan 51 poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak kick off, Barca langsung berinisiatif untuk tampil menyerang. Di menit sembilan, Lionel Messi melepaskan tembakan dengan kaki kirinya, tetapi usahanya itu belum mengarah ke gawang Real Sociedad.

Barca justru tertinggal lebih dulu setelah Willian Jose mencetak gol pembuka bagi Real Sociedad di menit 11. Ia berhasil memanfaatkan umpan dari Prieto dengan melepaskan sundulan keras tepat ke arah pojok kiri gawang Ter Stegen.

Usai mencetak gol, Sociedad semakin percaya diri dengan mengancam gawang Barca. Canales nyaris menggandakan skor melalui tendangan kencangnya meski masih dibelokkan Vermaelen.

Di menit 30, Willian Jose kembali membuka peluang untuk menambah golnya. Ia melepaskan tendangan keras, tetapi masih bisa ditepis Ter Stegen.

Real Sociedad berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 usai Juanmi mencetak gol di menit 34. Ia melepaskan tendangan keras hingga bersarang ke gawang tim tamu.

Lima menit berselang, Barca mampu memperkecil ketertinggalan melalui Paulinho. Ia menyelesaikan umpan tarik dari Suarez untuk melepaskan tendangan ke gawang Sociedad. Skor pun berubah menjadi 2-1 hingga turun minum.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Sociedad tak mengendurkan serangan. Di menit 46, Canales melewati hadangan Vermaelen sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kirinya dari depan kotak penalti, tetapi bola masih bisa diselamatkan Ter Stegen.

Dua menit berselang, giliran Barca yang menebar ancaman ke gawang Sociedad. Suarez memberikan umpan ke Messi yang berlari ke sisi kanan area penalti. Messi melewati Rulli, tetapi kiper Sociedad itu mampu memblok bola.

Di menit 50, Barca akhirnya bisa menyamakan kedudukan usai Suarez menjebol gawang Sociedad. Ia berhasil memanfaatkan umpan dari Messi.

Barca mampu membalikkan kedudukan menjadi 3-2 setelah Suarez mencetak gol keduanya di menit 71. Ia menyelesaikan umpan sundulan dari Varmaelen.

Di menit 76, Messi berusaha mencetak gol melalui tendangan bebas. Namun, usaha tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang Sociedad.

Barca akhirnya memperlebar jarak atas Sociedad di menit 85. Messi mampu mengantarkan Blaugrana -julukan Barca- unggul 4-2 atas tim tuan rumah usai sukses menjalani tugas mengeksekusi tendangan bebas ke gawang Rulli.

Tak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Barca pun meraih kemenangan 4-2 atas Sociedad di laga tersebut.

Susunan Pemain:

Real Sociedad XI: Rulli; Raul Navas, Kevin Rodrigues, Diego Llorente, Alvaro Odriozola, Xabi Prieto (Januzaj 78’), Canales, Illarramendi, Zurutuza (Zubeldia 56’), Willian Jose, Juanmi (Oyarzabal 60’).

Barca XI: Ter Stagen; Vermaelen, Pique, Jordi Alba, Rakitic, Paulinho (Dembele 65’), Sergio Basquets, Sergio Roberto, Andre Gomes (Digne 80’), Lionel Messi, Luis Suarez (Denis Suarez 90’).