BOLAHOKY.COM – Fase grup Liga Champions 2017/18 telah usai dijalani. Kompetisi klub terelite di benua Eropa itu kini akan memasuki babak 16 Besar. Sebanyak 16 tim tengah menanti siapa lawan yang akan mereka hadapi di fase knock-out ini.

Akan ada banyak laga-laga besar dan seru yang berpotensi tersaji di fase ini. Seluruh wakil Inggris: Man City, Tottenham Hotspur, Chelsea, Man United, dan Liverpool, berhasil melaju. Lolosnya Bayern Munchen, Barcelona, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain (PSG) pun menciptakan peluang akan terjadinya “final” yang terlalu dini.

Lantas, kapan pengundian babak 16 Besar akan dilakukan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui?

Undian babak 16 Besar Liga Champions akan dilangsungkan hari ini, Senin (11/12/17) di markas besar Konfederasi Sepakbola Eropa, UEFA, di Nyon, Swiss, pukul pukul 12:00 waktu Eropa atau pukul 18:00 WIB.

Undian akan disiarkan secara langsung oleh UEFA di situs resmi, Instagram, Facebook, dan Twitter resmi mereka.

Sebelum pengundian babak 16 Besar ini, tim-tim yang lolos akan dibagi menjadi dua pot. Delapan tim juara grup menjadi unggulan, dan delapan tim runner-up grup berposisi sebagai bukan unggulan.

Setelah itu, setiap tim unggulan akan bertemu dengan tim non-unggulan. Tim unggulan mendapat keuntungan dengan menjadi tuan rumah pada leg 2. Tim yang berasal dari grup yang sama atau berasal dari negara yang sama tak akan saling bertemu di fase ini. Jadi, tak akan ada duel antarklub Inggris di fase ini.

Kiri-kanan: Cristiano Ronaldo, Harry Kane, dan Neymar. Copyright: INDOPSORTKiri-kanan: Cristiano Ronaldo, Harry Kane, dan Neymar.

Kontestan 16 besar Liga Champions 2017/18

Juara Grup: Manchester United (Inggris), PSG (Prancis), AS Roma (Italia), Barcelona (Spanyol), Liverpool (Inggris), Manchester City (Inggris), Besiktas (Turki), Tottenham Hotspur (Inggris)

Runner-up Grup: Basel (Swiss), Bayern Munich (Jerman), Chelsea (Inggris), Juventus (Italia), Sevilla (Spanyol), Shakhtar Donetsk (Ukraina), Porto (Portugal), Real Madrid (Spanyol).

Logo Liga Champions. Copyright: MARCO BERTORELLO/AFP/Getty ImagesLogo Liga Champions.

Adapun leg pertama babak 16 Besar bakal dipanggungkan pada 13-14 dan 20-21 Februari 2018, disusul pertemuan kedua pada 6-7 dan 13-14 Maret 2018.

Selain itu, pengundian babak 32 Besar Liga Europa juga akan dilangsungkan hari ini setelah pengundian Liga Champions selesai. Leg pertama dan kedua 32 Besar Liga Europa akan dimainkan pada 15 dan 22 Februari 2018.