Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Misi AC Milan untuk membalikkan keadaan atas Arsenal tak didukung sejarah. Tim-tim Italia yang berlaga di London di Liga Europa tak mampu meraih kemenangan.

Milan harus mengejar defisit gol dari Arsenal di leg kedua babak 16 besar Liga Europa. Di pertandingan leg pertama lalu, Rossoneri takluk 0-2 di San Siro.

Milan akan gantian melawat ke Emirates Stadium dalam pertandingan leg kedua, Jumat (16/3/2018) dini hari WIB. Tim arahan Gennaro Gattuso itu butuh kemenangan dengan selisih tiga gol untuk membalikkan keadaan.

Namun Milan tak didukung sejarah. Belum ada tim Italia yang mampu menang di London dalam pertandingan di Liga Europa. Dalam enam pertandingan, wakil-wakil Italia hanya dapat tiga hasil imbang dan tiga kali kalah.

Selain itu, Arsenal juga tangguh saat melawan tim Italia di kandang sendiri. Dalam enam pertandingan kandang terakhir melawan tim Italia di kompetisi Eropa, The Gunners tak pernah kalah dan mencatatkan lima kemenangan.

Berikut adalah data dan fakta menarik lainnya dari laga antara Arsenal dan Milan seperti dirangkum Opta:

– Arsenal lolos dari 11 laga babak knockout di Eropa ketika mereka menang di leg pertama di kandang lawan (kecuali kualifikasi).

– Milan belum pernah membalikkan keadaan dari ketinggalan dua gol untuk lolos ke kompetisi Eropa sejak Oktober 1985, ketika mereka menyingkirkan Auxerre 4-3 secara agregat di putaran pertama Piala UEFA meski kalah 1-3 di leg pertama.

– The Gunners tidak pernah gagal lolos ketika mereka menang di leg pertama dengan selisih dua gol atau lebih, lolos 24 kali.

– Tidak ada tim Italia yang pernah memenangi laga tandang di London di Liga Europa (6 laga, 0 kemenangan, 3 hasil imbang, 3 kekalahan). Lima tim yang gagal menang itu adalah AS Roma, Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Fiorentina (2 kali).

– Arsenal menang lima kali dan imbang satu kali dalam enam laga kandang terakhir di kompetisi Eropa melawan wakil Italia dan tak kebobolan di laga-laga itu.

– Jika Arsenal lolos, mereka akan mencapai perempatfinal kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak Liga Champions 2009/2010.

– Henrikh Mkhitaryan sudah terlibat dalam delapan gol dalam 12 penampilan terakhirnya di Liga Europa (7 gol, 1 assist).

– Arsenal belum pernah kalah beruntun di kandang di kompetisi Eropa pada musim yang sama sejak Oktober 1999.