Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Dua dekade terakhir, Jerman seakan tidak pernah kehabisan stok penjaga gawang kelas wahid. Mulain dari Oliver Kahn, Jens Lehmann, hingga Manuel Neuer, mereka semua menjadi andalan di klub masing-masing.

Kini, belum usai karier Neuer, sudah ada nama baru yang berpeluang besar menjadi penerus ketiga nama di atas. Orang itu adalah Andre ter Stegen yang menjadi andalan di klub raksasa La Liga, Barcelona.

Musim ini, ia menjadi salah satu kunci penampilan cemerlang Blaugrana yang belum sekali pun menelan kekalahan. Hingga memasuki paruh kedua liga, mereka masih kokoh di puncak dengan selisih poin jauh dari para pesaingnya di bawah.

Kiper kelahiran Monchengladbach tersebut tampil sebanyak 23 kali dan berhasil mencatatkan 13 kali clean sheet. Penampilan cemerlangnya itu mengundang pujian dari salah satu kiper terbaik dunia lain, Gianluigi Buffon.

Penjaga gawang tersebut sudah menyaksikan langsung kehebatan Ter Stegen di atas lapangan. Momen tersebut terjadi di babak penyisihan Liga Champions musim ini yang mana Juventus dan Barcelona tergabung ke dalam satu grup.

“Dia telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa dari segi permainan. Usai pertandingan, aku datang menghampirinya dan bertanya bagaimana dia bisa menjaga dirinya tetap atraktif sepanjang laga. Padahal pertandingan berlangsung di kandang kami (Juventus Arena)” ujar Buffon.

Ter Stegen menjadi yang terdepan dalam menggantikan posisi Neuer di timnas pada gelaran Piala Dunia 2018 mendatang. Pasalnya, kiper utama Bayern Munich tersebut masih belum pulih total dari cederanya musim ini.