BOLAHOKY.COM – Timnas U-23 Vietnam secara mengejutkan berhasil lolos ke babak final Piala Asia U-23 2018 dengan mengalahkan Timnas U-23 Qatar di babak semifinal, Selasa (23/1/2018). Motivasi dari sang pelatih, Park-Hong Seo rupanya mampu membangkitkan semangat pemain muda The Golden Stars.

Vietnam menjadi kudai hitam di laga tersebut. Di partai semifinal mereka menghadapi tim kuat Qatar yang juga dihuni top skorer sementara ajang tersebut, Almoez Ali. Park-Hong Seo sebelum pertandingan meyakinkan anak asuhnya bahwa mereka bisa menang.

“Sebelum turnamen ini saya mengatakan bahwa kami, sebagai tim punya sesuatu yang istimewa,” tutur Park-Hong Seo seusai pertandingan dikutip dari the-afc.com, Selasa (23/1/2018).

Di laga tersebut, Vietnam sempat tertinggal dua kali melalui gol yang diciptakan pemain Qatar, Afif dan Almoez Ali. Namun, dua kali itu juga Pasukan Park-Hong Seo bisa menyamakan kedudukan melalui gol dari Nguyen Quang Hai.

Pertandingan dilanjutkan hingga babak adu penalti. Vietnam yang sebelumnya di babak perempat final juga melewatinya dengan adu penalti justru lebih siap kali ini. Alhasil mereka bisa menang dengan skor 4-3.

“Hasil ini melawan Qatar adalah hasil keringat dan usaha pemain saya. Saya mengatakan kepada 23 pemain saya untuk bertarung hebat dan mereka seharusnya tidak mengecewakan orang-orang Vietnam. Mereka tidak mengecewakan mereka,” kata Park-Hong Seo.

Di partai final nanti, Vietnam akan menghadapi Timnas U-23 Uzbekistan di Stadion Changzou, Sabtu (27/1/2018). Di pertandingan sebelumnya, Uzbekistan berhasil mengalahkan Timnas U-23 Korea Selatan dengan skor 4-1.