Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Mantan gelandang AC Milan dan Real Madrid, Clarence Seedorf, resmi ditunjuk menjadi pelatih baru Deportivo La Coruna. Dia akan membesut klub berjulukan Super Depor itu hingga akhir musim 2017-2018.

Bekas pemain andalan timn nasional Belanda tersebut tiba di Galicia pada Senin (5/2/2018) malam. Menurut rencana, pria 41 tahun tersebut akan memimpin sesi latihan pada Selasa ini.

Sebenarnya ada dua nama lain yang masuk kandidat pelatih di Riazor. Pelatih asal Uruguay, Martin Lasarte dan Diego Alonso, merupakan kandidat utama tetapi keduanya menolak kesempatan menangani bekas klubnya tersebut.

Cristobal Parrolo, yang menggantikan Pepe Mel pada awal musim ini, terpaksa lengser dari posisinya karena gagal mengangkat performa tim. Terakhir, mereka dilibas 0-5 oleh Real Sociedad dalam lanjutan La Liga, Minggu (4/2).

Dengan demikian, Cristobal hanya empat bulan menjadi pelatih Deportivo karena dia dipromosikan dari tim B pada Oktober tahun lalu. Kinerjanya tidak sesuai harapan karena dari 15 laga yang dilakoni, Deportivo hanya meraih tiga kemenangan dan sembilan kali kalah.

Sementara itu Seedorf, setelah memutuskan pensiun pada 2014, sempat menjadi bos di Milan. Dia memimpin tim dalam 22 pertandingan pada tahun 2014 di mana setengahnya mereka meraih kemenangan. Selain itu, Seedorf juga sempat melatih klub Liga Super China, Shenzhen, pada Juli hingga Desember 2016.

Selama masih aktif sebagai pemain profesional, Seedorf menuai kesuksesan bersama Madrid dan Milan. Dia memenangi satu gelar La Liga dan Liga Champions saat berkostum Los Blancos antara 1996 dan 1999. Meskipun demikian, mantan pemain Inter Milan ini lebih lama merumput bersama Milan karena dia 10 tahun di sana dengan raihan dua gelar Serie A dan sejumlah trofi Eropa.

Seedorf memikul beban berat bersama Deportivo. Dia harus bisa mengeluarkan tim tersebut dari zona degradasi karena saat ini Deportivo menempati posisi ke-17 klasemen sementara dengan raihan 17 angka. Mereka tertinggal tiga angka dari Levante yang berada di zona aman.