Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Wikipedia merupakan situs ensiklopedia daring yang datanya bisa diperbarui oleh siapa saja. Tak jarang, profil fiktif seseorang muncul di situs tersebut.

Salah satu yang menjadi korban data fiktif Wikipedia adalah klub kasta kedua Liga Lithuania. Jelang menghadapi musim 2018, FK Panevezys, mendatangkan seorang pemain baru hanya berdasarkan profil di situs Wikipedia.

Melalui situs resmi klub, FK Panevezys mengabarkan bahwa mereka telah berhasil memboyong pemain asal Angola kelahiran Perancis, Barkley Miguel Panzo.

“Panzo telah menunjukkan performa yang mengesankan pada laga persahabatan menghadapi Wigry dan RFS. Performa itu menunjukkan bahwa sang pemain permain bermain di kejuaraan besar,” tulis ofisial FK Panevezys di situs resmi klub.

“Ia adalah pesepak bola serbaguna yang bisa bermain di berbagai posisi di lini tengah. Kami memiliki kelemahan dalam hal serangan, jadi kami sepakat untuk mengontrak pemain ini,” demikian pernyataan resmi klub.

Jika melihat beberapa situs penyedia data sepak bola, memang benar Panzo adalah seorang pemain, lengkap dengan beberapa klub yang pernah dibela pemain berusia 25 tahun itu.

Namun, data berbeda muncul saat membuka laman Wikipedia. Ada beberapa data dan informasi palsu yang ditambahkan oleh pihak yang tidak diketahui.

Tidak hanya dia terdaftar sebagai pemain tim nasional Angola, tetapi di laman tersebut juga tertulis bahwa ia pernah bermain untuk Queens Park Rangers (QPR) pada 2010 hingga 2012.

Padahal, Panzo tidak pernah sekali pun bermain untuk klub Inggris tersebut. Bahkan, Panzo disebut berhasil mencetak 45 gol dalam 36 pertandingan di Divisi Championship – kasta kedua Liga Inggris.

Uniknya, setelah dianggap meraih kesuksesan di Championship bersama QPR, Panzo justru bergabung dengan klub-klub kecil di Liga Perancis. Berdasar Transfermarkt, situs penyedia data pesepak bola dunia, Panzo memang tak pernah bermain untuk QPR.