Bandar Bola

BOLAHOKY.COM – Masih ingat Tony Chapron, wasit kontroversial di Ligue 1? Oleh Ligue de Football Professionnel (LFP), dia dijatuhi hukuman enam bulan. Namun, hanya tiga bulan yang akan segera dijalaninya. Adapun tiga bulan lainnya ditangguhkan. Hukuman itu dijatuhkan atas insiden yang terjadi saat dia memimpin laga FC Nantes vs Paris Saint-Germain pada pertengahan Januari silam.

Dalam pernyataan resminya, LFP menyebutkan, “Setelah mendengarkan keterangan Tuan Tony Chapron dan membaca laporan pengawas pertandingan, komisi disiplin memutuskan untuk menghukum dia selama enam bulan dengan tiga bulan di antaranya ditangguhkan.”

Pada laga Nantes vs PSG, Chapron menekel bek Diego Carlos karena mengira yang bersangkutan mendorongnya. Tak berhenti di sana, dia juga mencabut kartu kuning kedua bagi pemai Nantes tersebut. Insiden itu lantas menjadi viral dan menyedot perhatian publik sepak bola dunia. Itu dianggap sebagai lelucon luar biasa.

Menyadari kekeliruannya, Chapron langsung menyatakan permintaan maaf, baik kepada Carlos maupun otoritas sepak bola Prancis. Dia juga menyusulkan laporan kepada komisi disiplin untuk mencabut kartu kuning kedua yang diberikan kepada Carlos. Meskipun demikian, komisi wasit tetap membekukan statusnya hingga ada putusan dari LFP.

Sang wasit yang tiba di kantor LFP pada Kamis (1/2/2018) tidak mengeluarkan sepatah kata pun kepada awak media mengenai hukuman yang didapatkannya. Namun, seperti dilansir Le Figaro, pria berumur 45 itu sebelumnya mengindikasikan pensiun pada akhir musim nanti. Hal inilah yang membuat komisi disiplin menangguhkan setengah masa hukumannya. Itu agar Chapron bisa memimpin pertandingan lagi sebelum gantung peluit.